MOSFI 2023 Ajang Jalin Kedekatan Santri Baru-Lama

Rangkaian acara MOSFI (Masa Orientasi Santri YASFI) 2023 berlangsung sepekan dari tanggal 4-8 Juli 2023.

Kegiatan MOSFI yang dilaksanakan selepas shalat Dhuha tersebut diikuti oleh seluruh santri putra dan putri secara terpisah pun rangkaian acaranya sama.

Di hari terakhir acara MOSFI 2023, panitia menyelenggarakan kegiatan mini out bond di lingkungan Pondok Pesantren Tahfidz YASFI Kibar.

Kelompok terdiri dari berbagai jenjang kelas dengan diketuai oleh perwakilan kakak kelas tertinggi. Hal tersebut memang menjadi alasan sekaligus tujuan diadakannya MOSFI 2023.

“Kami ingin membangun kebersamaan dan keakraban antar santri lama dengan yang baru, adik dan kakak kelas jadi menyatu, tanpa canggung dan malu.” ujar Ust. Rosyid selaku penanggungjawab acara.

Ust. Rosyid melanjutkan bahwa MOSFI 2023 menjadi agenda tahunan sebagai langkah mengawali tahun pelajaran baru.

“Jadi para santri baru masuk pesantren itu tidak seketika masuk kelas dan langsung belajar, perlu adaptasi baik soal lingkungan, pertemanan dan seluruh aspek pesantren.” tambahnya.

Saat ditanyakan kenapa ada kegiatan mini Out Bond, ustadz yang mengemban amanah sebagai Biro Pendidikan YASFI Kibar tersebut mengungkapkan bahwa para santri harus disuguhkan kegiatan yang membuat mereka menjumpai permasalahan dan hanya bisa dituntaskan secara bersama-sama, dan itu bisa melalui kegiatan Out Bond.

“Permasalahan di pesantren jauh lebih kompleks kan, tanpa kehadiran orangtua bagaimana para santri bisa survive? Tak lain mereka bisa meminta bantuan kepada teman kamar, teman kelas atau teman-teman satu pesantren, bahkan Musyrif/ah (ustadz/ah pembina kamar).” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terbaru